Tips Pada Saat Melewati jalan Basah atau Banjir

www.MOBILMPV.com – Pada bulan januari ini di Indonesia mulai masuk musim penghujan ini juga yang terjadi di Jakarta dan kota besar di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Yang menyebabkan banyak jalan tergenang air yang berakibat jalan menjadi licin. oleh sebab itu jika anda berkendara harus berhati-hati agar bisa anda mengendalikan kendaraan anda agar tidak tergelincir yang bisa membuat terjadinya kecelakaan.

Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir Atau Jalan Basah

Saat jalan basah, kondisi ban dan jalan tidak mencengkram dengan kuat karena ada lapisan air dan bahkan bisa saja daya rekat ban bisa hilang sehingga kondisi ini cukup bahaya bagi anda para pengemudi. Kali ini kami mempunyai tips dan trik terkait melewati kondisi jalan yang basah akibat hujan sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Langkah yang pertama sebelum anda memulai perjalanan ada baiknya anda mencari informasi terkait jalan yang akan dan lalui dengan memanfaatkan media online untuk hindari rute jalan yang mengalami banjir.
  2. Atur laju kendaraan anda jangan sampai sama dengan keadaan normal. Turunkan kecepatan sehingga kendaraan anda bisa beradaptasi dengan medan basah dan juga untuk mempermudah mengkontrol mobil dengan baik sehingga bisa meminimalisir kecelakaan akibat jalan yang licin.
  3. Atur jarak dengan kendaraan di depan minimal lebih lebar jika dibandingkan dengan keadaan normal karena untuk mengantisipasi jika daya cengkram ban menurun yang mengakibatkan tergelincir sehingga ada spase untuk mengentikan kendaraan, yang terpenting jangan melakukan pengereman secara mendadak jika mobil anda belum dilengkapi dengan teknologi ABS yang bisa mengakibatkan mobil tidak bisa di kontrol dan melaju dengan liar. Atau bisa juga memanfaatkan pedal gas dengan perlahan lahan menginjak dilepas dan diinjak lepas ini bisa membuat mobil berhenti secara bertahap sehingga laju kendaraan akan berkurang  yang paling terpenting adalah menjaga jarak dengan mobil didepan lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.
  4. Jangan menerobos gengan air karena bisa mengakibatkan aquaplaning yaitu mobil tidak terkontrol yang seperti tetarik kearah kanan amupun kiri secara mendadak jika mobil melaju kencang maka akan semakin sulit untuk dikendalikan  dan bisa berakibat fatal.
  5. Jika tidak ada pilihan lain untuk melewati genangan makan ada harus memastikan jika genangan tersebut masih bisa untuk dilalui mobil anda dan jangan sampai melewati genangan yang melebihi lantai mobil anda dan kira-kira genangan yang masih bisa dilewati tidak lebih mencapai 20cm dan jalankan mobil secara pelan.

Diatas tadi adalah tips dan trik untuk berkendara pada saat kondisi musim hujan dan bahkan banjir tetap selalu berhati-hati dalam berkendara dan selalu cek kondisi ban dan rem mobil anda sehingga selamat sampai pada tujuan.

tentang:

  • grand livina banjir
Tips Pada Saat Melewati jalan Basah atau Banjir | caraini | 4.5