Tempat Wisata Terkenal di Riau Favorit Wisatawan

Riau adalah salah satu provinsi terkaya di indonesia sekaligus provinsi terpanas di indonesia dengan cuaca ekstrem yang pernah mencapai 38 derajat celcius pada tahun 2011 lalu, tidak itu saja provinsi riau juga dikenal sebagai provinsi dengan tingkat kebakaran hutan terbesar di sumatra, sehingga membuat negara tetangga seperti malaysia dan singapura marah marah karena asap sampai ke negara mereka beberapa waktu lalu.

Riau juga dikenal sebagai pusat kebudayaan melayu di nusantara, berbagai peninggalan kerajaan melayu bisa ditemukan di riau dan kini menjadi tempat wisata menarik di riau, selain peninggalan sejarah kerajaan melayu, riau juga kaya akan wisata perairan, seperti pulau pulau indah, objek surfing terbaik, dll.

Nah jika anda suatu hari nanti berkesempatan mengunjungi riau, pastinya anda ingin mengunjungi objek wisata yang ada di riau, yang pastinya akan memberikan anda pengalaman yang sangat berharga ketika mengunjungi riau.

Berikut Daftar Objek Wisata di Riau:

1. Pulau Jemur



Berbicara tentang pulau jemur kita pasti ingat tentang adanya pengakuan dari negara tetangga malaysia yang mengatakan jika pulau jemur adalah milik malaysia beberapa waktu yang lalu, namun dengan adanya bukti kepemilikan pulau jemur yang sah dari provinsi riau, malaysia akhirnya tidak jadi mengambil pulau nan indah ini, ya pulau jemur sejak zaman kesultanan siak sudah menjadi bagian dari provinsi riau, namun beberapa tahun lalu secara mengejutkan malaysia mengeluarkan ultimatum sambil menyatakan pulau jemur milik malaysia.

Pulau Jemur Terletak lebih kurang 45 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari negara tetangga yakni Malaysia, sedangkan provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang, pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau yang terdapat di pulau Jemur ini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenang.

Pada musim angin barat laut tiba, gelombang laut di Selat Malaka sangat besar, dan biasanya nelayan-nelayan setempat berlindung di bagian tengah pulau Jemur, karena air laut pada kawasan tersebut tenang. Setelah gelombang laut mengecil atau badai berkurang barulah para nelayan keluar untuk memulai aktivitas menangkap ikan kembali. Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, serta pulau ini dimanfaatkan oleh penyu untuk menyimpan telurnya di bawah lapisan pasir-pasir pantai.

Selain itu pada pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Mercusuar, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, taman laut dan pantai berpasir kuning emas.

2. Objek Wisata Bono

Salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi di riau adalah objek wisata bono, Objek wisata Bono terletak di Desa Teluk Meranti, sepanjang Sungai Kampar dan Sungai Rokan. Bono adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang. Air laut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan menghasilkan suara seperti suara guntur dan suara angin kencang.

Pada musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar bisa mencapai 4-6 meter, membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari, siang maupun malam hari. Hal yang menarik turis ke objek wisata ini adalah kegiatan berenang, memancing, naik sampan, dan kegiatan lainnya.

3. Objek Wisata Pacu Jalur

Salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi di riau adalah Pacu Jalur, namun objek wisata yang satu ini hanya bisa anda saksikan pada waktu tertentu, sebab pesta budaya kuantan singingi ini hanya digelar sekali setahun.

pacu jalur merupakan budaya kabupaten kuantan singingi yang paling populer di riau, tak ada yang tak mengenal tradisi yang di helat setiap tahun ini, pacu jalur merupakan kayu panjang yang dibuat seperti perahu yang di isi sekitar 40 sampai 60 orang, dan event ini paling banyak ditunggu tunggu masyarakat kuansing khusus nya dan riau pada umumnya.

Setiap pagelaran event ini, kota teluk kuantan sebagai ibu kota dari kabupaten kuansing akan berubah menjadi lautan manusia, yang dipenuhi sesak oleh manusia dari berbagai asal, mulai dari kabupaten kuansing dan luar kabupateen kuansing, dan pacu jalur sudah lama masuk kalender pariwisata indonesia.

4. Upacara Bakar Tongkang

Wisata unik lainya yang wajib anda kunjungi di riau adalah upacara bakar tongkang, upacara bakar tongkang di riau sangat terkenal sampai ke mancanegara, banyak wisatawan asing yang berkunjung ke riau untuk melihat upacara bakar tongkang, khususnya wisatawan asal singapura, malaysia, thailand, dll, dan sebagian besar wisatawan yang datang adalah etnis tiongkok/tionghoa.

Upacara Bakar Tongkang adalah wisata budaya unggulan Provinsi Riau dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Upacara Bakar Tongkang telah menjadi wisata nasional bahkan internasional. Upacara Bakar Tongkang adalah upacara tradisional masyarakat Tionghoa di Ibu Kota kabupaten Rokan Hilir yakni Bagansiapiapi.

Ritual Bakar Tongkang merupakan kisah pelayaran masyarakat keturunan Tionghoa yang melarikan diri dari penguasa Siam di daratan Indo China pada abad ke-19. Di dalam kapal yang di pimpin Ang Mie Kui, terdapat patung Dewa Kie Ong Ya dan lima dewa, di mana panglimanya disebut Taisun Ong Ya. Patung-patung dewa ini mereka bawa dari tanah Tiongkok, dan menurut keyakinan mereka bahwa dewa tersebut akan memberikan keselamatan dalam pelayaran, hingga akhirnya mereka menetap di Bagansiapiapi.

Untuk menghormati dan mensyukuri kemakmuran dan keselamatan yang mereka peroleh dari hasil laut sebagai mata pencaharian utama masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi, maka mereka membakar wangkang (tongkang) yang dilakukan setiap tahun. Sedangkan prosesi sembahyang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 bulan 5 tahun Imlek/penanggalan China.

5. Istana Siak



Objek wisata yang wajib anda kunjungi di riau adalah objek wisata istana siak, istana siak adalah sebuah kerajaan Melayu Islam yang terbesar di Riau yang mencapai puncak masa kejayaannya pada abad ke-16 sampai abad ke-20.

Mengunjungi istana siak dalam liburan anda bersama keluarga adalah salah satu pilihan terbaik bagi anda, sebab selain tidak perlu mengeluarkan dana banyak, jarak istana siak juga tidak terlalu jauh dari kota pekanbaru.

6. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus adalah salah satu destinasi favorit wisatawan di riau. Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Jaraknya kurang lebih 135 km dari Kota Pekanbaru.

Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 km dan tak jauh dari pinggir Sungai Kampar Kanan. Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter. Di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa, serta Palangka.

Nah Itulah dia objek wisata favorit di riau yang sangat sayang anda lewatkan jika berkunjung ke riau, bagaimana tertarik berwisata di riau ?

Tempat Wisata Terkenal di Riau Favorit Wisatawan | caraini | 4.5