Panduan Wisata ke Pantai Papuma di Jawa Timur

Caraini.com – Panduan Wisata ke Pantai Papuma di Jawa Timur kali ini akan mengulas mengenai salah satu pantai di Jawa Timur. Pantai Papuma adalah satu diantara yang pantai unik di Indonesia. Pantai Papuma telah menjadi salah satu pantai di Indonesia yang populer dengan keindahannya. Terdapat bentuk batuan karangnya yang unik tergambar jelas serta mengagumkan dapat Anda nikmati bila berkunjung ke Pantai Papuma.

Objek Wisata Pantai Papuma berada di desa Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Dengan gugusan batu karang yang ada di dalam laut akan menjadi pesona daya tarik yang khas dari Pantai Papuma. Untuk ke pantai ini, jika dari kota Jember maka perlu menempuh perjalanan kurang lebih 45 km menuju ke arah Selatan. Wisata Pantai tersebut juga mempunyai suhu 25-32 derajat celcius.

Suasana di Pantai

Di lokasi wisata Pantai Papuma terdapat batu karang yang tinggi di  pantai lepas. Dikarenakan memiliki bentuk yang tinggi, maka karang ini diberi nama Siti Hinggil (bhs jawa : dataran tinggi). Untuk dapat menikmati keindahan laut dari Pantai Papuma dan melihat Siti Hunggil, Anda dapat menyewa perahu yang sudah disediakan. Batu karang yang memiliki ketinggian kian lebih 50 mdpl bisa Anda tempati untuk lihat panorama tempat wisata Gua Lawa (bhs Jawa : Gua Kelelawar) yang mempunyai kedalaman kian lebih 30 mdpl. Tempat dalam gua Lawa ini akan bisa dicapai pada waktu air surut. Konon, bahwa lokasi ini adalah tempat bertapanya seorang Kyai Mataram.

Ada yang lebih menakjubkan lagi, tak hanya deretan karang, yakni adanya pasir putih serta pemandangan matahari tenggelam (sunset) makin menaikkan keindahan yang luar biasa. Jangan lewatkan juga, terdapat cagar alam hutan tropis di sekitar pantai yang senantiasa dipakai untuk Pekan Raya tiap-tiap tanggal 1-10 Syawal serta Larung Sesaji.

Fasilitas Pantai  

Sebagai objek pantai yang mempunyai banyak keindahan alam serta sudah dikelola sebagai obyek wisata, Pantai Papuma telah dilengkapi dengan sebagian sarana dan fasilitas penunjang demi kenyamanan para pengunjung. Fasilitas dan sarana  itu mulai dari taman bermain,  souvenir, tempat kemah, kantor pengelola, warung makan, MCK, mushola, serta tak ketinggalan tempat parkir. Untuk Anda yang mau bermalam disana, terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda sewa.

Rute menuju Pantai Papuma 

Rute untuk menuju ke pantai Papuma sudah bagus serta jalannya yang beraspal. Ke Pantai Papuma dapat di tempuh mengendarai mobil, motor ataupun menyewa mobil seharga kurang lebih Rp. 150. 000, -. Sesungguhnya, semua type kendaraan dapat melalui jalan ini. Tetapi, sampai sekarang ini pengelolaan serta pengembangan Papuma masih dikerjakan. Walau sebenarnya bila saja lokasi ini di kembangkan dengan baik, akan menghasilkan keuntungan pendapatan besar, baik bagi pemerintah daerah ataupun Perhutani yang jadi pemiliknya.

Perhutani akhir-akhir ini telah kehilangan Tangkubah Perahu untuk aset dikarenakan tak dapat mengelola secara maksimal. Kemudian, untuk pengelolaan obyek wisata lebih profesional  mungkin alangkah baiknya jika diswastakan saja. Dapat Anda tengok, Indrayanti yang semula banyak sampah saat ini jadi bagus serta rapi juga ada yang menyampaikan sekelas Pantai Kuta Bali, itupun karena dikelola oleh swasta.

Promosi Kerajinan Khas Jember 

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Papuma akan mengenal hasil kerajinan orang-orang serta jenis makanan khas dari Jember. Sedangkan, Perhutani yang menjadi pengelola Papuma, tentu akan memperoleh keuntungan pendapatan dari penjualan ataupun dari penginapan.

Di banding dengan pantai di sampingnya yakni Watu Ulo, nyatanya Papuma mempunyai beberapa keunggulan. Salah satunya adalah gelombang ombak yang tak terlampau besar hingga sangat mungkin anak-anak ataupun pengunjung dapat menikmatinya sembari bermain-main. Lokasinya juga cukup luas sampai 50 hektar, serta dapat dijadikan untuk tempat bersantai para wisatawan. Kemudian, ada juga hewan monyet yang dapat menaikkan eksotika di Pantai Papuma.

Pesona lain Pantai Papuma 

Keindahan Papuma tak cuma hanya itu saja. Disisi lain dari lokasi ini, ada pantai yang memiliki hamparan batu-batu kerikil. Pada bagian atas ada pantai berkerikil ataupun tepatnya diatas bukit, telah berdiri suatu gubuk yang dipakai pengunjung untuk melihat hamparan luas laut selatan. Tentu amat disayangkan, jika diketahui bahwa potensi Pantai Papuma yang demikian indah, namun belum dikerjakan secara maksimal.

Sudah tercatatat bahwa dari demikian turis asing, terdapat sepasang turis yang berasal dari Perancis mengunjungi ke pantai ini menyebutkan bahwasanya keindahan pantai Papuma amatlah eksotik. Mereka sangat kerasan untuk berlama-lama di pinggiran pantai cuma untuk melihat anak-anak yang sedang mandi di laut. ”Pantai Papuma amatlah indah serta sejuk. Saya melihat di pinggiran pantai banyak sekali pohon serta hutan yang lebat. Sungguh amat nyaman jika dinikmati”, ujar kedua turis asing itu.

Itulah pembahasan mengenai panduan wisata ke pantai papuma, semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk memilih dimana tempat wisata yang akan Anda kunjungi !

Panduan Wisata ke Pantai Papuma di Jawa Timur | caraini | 4.5